Sunday 21 September 2008

Google Chrome? Install yang offline aja napa?


Begitu membaca di Kompas bahwa google merilis browser baru yang dinamakan Chrome, saya langsung bergegas untuk download browser tersebut.

Singkat kata singkat cerita, proses download cukup cepat untuk ukuran bandwith di tempat saya kerja karena ukuran filenya hanya 475 KB. Perasaan saya ngga enak karena ukuran filenya terlalu kecil. Begitu saya coba instal, perasaan ngga enak saya makin menjadi. Progress Bar-nya lamaaaa… banget, Cuman ada tulisan “memulai..” ngga ada tulisan “copying files”. Akhirnya saya berkesimpulan, kalo Chrome yang saya unduh akan terinstall jika terkoneksi dengan internet
Daripada nunggu lama, saya batalkan aja prosesnya.

Hari berikutnya saya bertanya lagi ke Paman Google, apakah ada Chrome yang diinstall secara offline dan ternyata ada. Seperti disini ato disini. Keduanya punya URL yang sama, tapi tetap saya ngga bisa download. Selidik punya selidik, ternyata URL yang mereka berikan ada sedikit kesalahan. Yang tertulis “dl.google.com/chrome/install/149.27/chrome_installer.exe” Padahal harusnya http://dl.google.com/chrome/install/149.29/chrome_installer.exe

Saya sudah berhasil download dengan ukuran 7521 KB, tapi belum sempat saya install. Tunggu aja, I’ll be back with my review…

No comments: